Skip to content Skip to footer

Mudah Dilakukan, Begini Cara Cek NPSN Sekolah

Perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium dolor emque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa.

NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional adalah kode eksklusif pembeda satu sekolah dengan yang lainnya. Lalu, bagaimana cara cek nomor unik yang dimiliki setiap sekolah ini? 

Buat Anda yang tidak pernah bersingggungan dengan dunia pendidikan, mungkin kata NPSN akan terdengar asing di telinga. Namun untuk tim operator sekolah, kepala sekolah, guru, bendahara sekolah, nomor unik ini sudah tentu wajib dipahami. Sebab NPSN adalah nomor penting yang digunakan untuk berbagai keperluan sekolah. 

Mulai dari pengertian, syarat mendapatkan, tata cara pengajuan, hingga cara cek NPSN, adalah beberapa pratik yang perlu diketahui untuk Anda yang berkecimpung di dunia pendidikan. Bahkan, ketika Anda ingin mendaftar dan menggunakan Tata Skola sebagai upaya untuk digitalisasi sistem manajemen sekolah, NPSN pun dibutuhkan dalam pengisian formulirnya.

Agar lebih jelas tentang berbagai pertanyaan yang menyangkut NPSN, berikut adalah penjelasan lengkap yang bisa Anda baca. 

Pengertian NPSN

NPSN merupakan singkatan dari Nomor Pokok Sekolah Nasional. Nomor unik ini dimiliki oleh setiap satuan pendidikan yang ada di Indonesia. Layaknya nomor induk kependudukan, NPSN digunakan untuk beragam keperluan dan menjadi tanda pengenal khusus sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. 

Mulai dari satuan pendidikan tingkat TK/PAUD hingga satuan pendidikan sekolah menengah, semua memiliki NPSN. Misalnya, ketika Anda cek NPSN sekolah SMK yang Anda kelola, maka Anda akan mendapati 8 digit angka yang menjadi kode unik sekolah tersebut. Kode unik itu diberikan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  

Bagi yang sudah terdaftar, sekolah negeri ataupun swasta memiliki NPSN yang berbeda dan memiliki beberapa tujuan. Pertama, NPSN menggantikan NIS (Nomor Induk Sekolah) yang dianggap masih belum punya format yang sama secara nasional.

Dengan begitu, hal itu memungkinkan satu sekolah dengan sekolah lainnya akhirnya memiliki kesamaan data sekolah, baik tingkat propinsi, kota, kabupaten, dan kecamatan. 

Kedua, dengan adanya NPSN ini maka sistem identifikasi sekolah akan menjadi lebih sederhana dan tergabung secara nasional. Ketiga, tujuan NPSN adalah agar pengelolaan data setiap satuan pendidikan dapat dilakukan dengan mudah. Kemudian keempat, karena kode uniknya, NPSN memberikan ciri khusus untuk setiap sekolah. 

Dengan adanya tujuan-tujuan tersebut, maka harapan pemerintah adalah NPSN bisa memberikan manfaat bagi sistem pendidikan di Indonesia. 

Manfaat NPSN

Bukan hanya untuk para perangkat sekolah, NPSN juga dibutuhkan untuk siswa, terutama siswa-siswi Sekolah Menengah Atas kelas 12. Sebenarnya setiap siswa telah memiliki NISN sebagai kode uniknya sendiri. NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional. 

Namun dalam beberapa tujuan, NPSN dibutuhkan oleh siswa. Salah satunya seperti ketika ingin melakukan proses pendaftaran di akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). NPSN dibutuhkan dalam proses pengisian formulirnya. 

LTMPT adalah portal resmi yang disediakan bagi siswa sekolah menengah yang ingin melakukan pendaftaran SMPTN atau seleksi masuk perguruan tinggi negeri dan SBMPTN atau seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri.   

Di sinilah pentingnya bagi setiap orang tua siswa atau wali murid untuk mengetahui cara cek NPSN sekolah SMA atau cara cek NPSN sekolah SMK ketika membantu anak-anaknya untuk membuat akun di portal LTMPT.

Bahkan bukan hanya siswa sekolah menengah saja, NPSN ini juga wajib dimengerti orang tua murid di sekolah menengah pertama dan sekolah dasar. Para orang tua wali murid wajib tahu cara cek NPSN sekolah SMP dan cara cek NPSN sekolah SD ketika ingin melakukan proses pendaftaran sekolah ke jenjang berikutnya. 

Untuk sekolah, NPSN juga memiliki banyak fungsi. Salah satu contohnya adalah untuk penyaluran Dana BOS atau Bantuan Operasional Sekolah. Diketahui dalam pemberitaan, menurut Dirjen PAUD Dikdasmen (Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah), nantinya NPSN ini akan digunakan sebagai standarisasi rekening sekolah. Hal ini ditujukan untuk meminimalkan kesalahan transfer Dana BOS yang masih terjadi. 

Karena itu, bagi sekolah-sekolah yang belum memiliki kode unik NPSN ini, maka diwajibkan untuk langsung melakukan pendaftaran sebagai cara mendapatkan NPSN untuk sekolah. Agar Anda tidak bingung, pembahasan selanjutnya akan menerangkan bagaimana cara mengajukan NPSN dan mendapatkannya. 

Cara pengajuan NPSN

Dalam prosesnya, pengajuan NPSN oleh sebuah sekolah memerlukan beberapa dokumen penting yang wajib disiapkan. Beberapa dokumen tersebut antara lain formulir pengajuan, profil sekolah, SK pendirian sekolah, SK operasional sekolah, status kepemilikan lahan luas tanah, foto sekolah (papan nama, gedung sekolah tampak depan, dan ruang kelas), serta surat keternagan domisili dari kelurahan. 

Setelah dokumen-dokumen tersebut lengkap, maka tim sekolah bisa langsung datang ke Dinas Pendidikan wilayahnya atau melakukan pendaftaran di situs web Kemendikbud. Jika melalui situs web, dokumen-dokumen yang diperlukan wajib memiliki salinan digital karena selanjutnya akan diunggah. 

Pendaftaran memerlukan proses verifikasi. Pengajuan NPSN baru untuk sekolah biasanya akan memerlukan proses tiga hari kerja. Ingat, setiap pendaftaran NPSN ini tidak dipungut biaya.

Bagaimana cara cek NPSN?

Inilah bagian penting yang harus diketahui oleh perangkat sekolah dan juga siswa (orang tua siswa). Sangat mudah, sebab cara cek NPSN sekolah online bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut.

  1. Buka halaman situs web ini https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php
  2. Coba piih pencarian yang dibutuhkan berdasarkan propinsi, kabupaten, kota, dan kecamatan
  3. Coba ketik nama sekolah Anda di kolom pencarian

Sebenarnya, jika siswa atau orang tua murid, tanpa melakukan cek online NPSN bisa langsung menanyakan nomor ini ke pihak sekolah.

Itulah informasi tentang pengertian, manfaat, proses pengajuan, dan cara cek NPSN sekolah. Kami harap bisa membantu!

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.