KEBIJAKAN PRIVASI

(PRIVACY POLICY)
PT TATASKOLA TEKNOLOGI INDONESIA

 

Selamat Datang di Tata Skola!

Sebagaimana telah dijelaskan pada Syarat dan Ketentuan Tata Skola, terdapat beberapa informasi dan/atau data pribadi Anda, Institusi Pendidikan, dan Pihak Ketiga Terkait yang akan kami terima dari Anda dan gunakan dalam menyediakan Layanan Tata Skola ini. Untuk itu, Kebijakan Privasi ini menjelaskan mengenai perlakuan Kami terhadap informasi dan/atau data pribadi tersebut dan merupakan suatu bentuk komitmen dari Kami untuk melindungi setiap data dan/atau informasi pribadi yang Anda berikan kepada Kami dalam menyediakan Layanan Tata Skola ini.

Oleh karena itu, Anda diwajibkan untuk membaca Kebijakan Privasi ini dengan seksama sebelum menggunakan Platform. Dengan mendaftarkan diri pada dan/atau melanjutkan untuk menggunakan Platform ini, Anda menyatakan bahwa setiap Data Pribadi Anda, Data Institusi Pendidikan dan/atau Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait yang Anda berikan kepada Kami merupakan data yang benar, sah, dan tidak menyesatkan.

Lebih lanjut, Anda mengakui bahwa Anda telah membaca Kebijakan Privasi ini serta memahami isi dan konsekuensinya, dengan demikian Anda setuju, dan telah memperoleh persetujuan dari Pihak Ketiga Terkait sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, untuk memberikan persetujuan kepada Kami untuk memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menampilkan, mengirimkan, membuka, menyimpan, mengubah, menghapus, mengelola dan/atau menggunakan Data Pribadi Anda, Data Institusi Pendidikan, dan/atau Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait, sesuai dengan Kebijakan Privasi ini dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada:

  • Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana terakhir diubah oleh Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016;
  • Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik;
  • Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik; dan
  • setiap undang-undang terkait lainnya, termasuk setiap amendemen, tambahan atau variasi dari setiap peraturan perundang-undangan di atas dari waktu ke waktu.

 

A.   DEFINISI

Kecuali dinyatakan lain di dalam Kebijakan Privasi ini, yang dimaksud dengan:

Akun Induk” adalah akun yang dibuat pada saat pendaftaran pada Platform dan memiliki fungsi sebagai induk dari Sub-Akun dan pemantauan terhadap setiap transaksi dalam serta laporan yang dihasilkan dari penyediaan Layanan;

Akun Pengguna” adalah akun yang secara khusus digunakan sebagai identitas Anda dan mencatat kegiatan Anda ketika menggunakan Layanan ini, dalam hal ini mencakup Akun Induk dan Sub-Akun;

Dasbor” adalah platform berbasis web https://www.tataskola.id/, yang disediakan oleh Tata Skola kepada Anda untuk dapat menggunakan Layanan;

Data Institusi Pendidikan” adalah data dan/atau informasi milik Institusi Pendidikan, termasuk laporan transaksi keuangan atau laporan riwayat pembayaran Tagihan yang dapat diakses oleh Tata Skola, namun tidak termasuk Data Pribadi Anda dan Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait;

Data Pribadi” adalah data tentang seseorang baik yang teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau non-elektronik, yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi secara langsung maupun tidak langsung seseorang;

Institusi Pendidikan” adalah badan hukum, badan usaha, perusahaan, institusi atau organisasi yang bergerak pada bidang pendidikan baik formal maupun non-formal yang telah mendaftarkan diri untuk menggunakan Layanan melalui Pengguna;

Kanal Pembayaran” adalah mitra dari Tata Skola yang menyediakan layanan gerbang atau medium transaksi yang disediakan oleh penyedia layanan Kanal Pembayar bagi Pihak Ketiga Terkait untuk dapat melakukan pembayaran Tagihan;

Layanan” adalah penyediaan layanan oleh Tata Skola melalui Platform ini dalam bentuk layanan sistem manajemen keuangan atau sarana pembayaran Tagihan;

Pengguna” atau “Anda” adalah individu atau perseorangan sebagai perwakilan dari Institusi Pendidikan dan/atau setiap badan hukum, perusahaan, institusi atau organisasi yang telah memiliki Akun Pengguna dan menggunakan akun tersebut untuk mengakses Layanan Tata Skola;

Pihak Ketiga Terkait” adalah orang tua, wali, pihak yang berwenang mewakili pelajar yang terdaftar pada Institusi Pendidikan, atau pelajar tersebut sendiri, yang berkewajiban untuk melakukan pembayaran Tagihan yang diterbitkan oleh Institusi Pendidikan;

Platform” adalah mengacu pada situs web https://www.tataskola.id, termasuk semua domain dan sub-domainnya;

Sub-Akun” adalah akun turunan yang dapat dibuat oleh dan dibawah pengelolaan Akun Induk yang memiliki fungsi untuk mengunggah informasi dan/atau data tertentu yang diperlukan oleh Tata Skola dalam menyediakan Layanan;

Syarat & Ketentuan” adalah syarat dan ketentuan dari penggunaan Layanan Kami pada Platform;

Tagihan” adalah kewajiban-kewajiban pembayaran Pihak Ketiga Terkait terhadap Institusi Pendidikan; dan

 Tata Skola” atau “Kami” adalah PT Tataskola Teknologi Indonesia, perusahaan yang menyediakan Layanan.

B.   PEROLEHAN DAN PENGUMPULAN DATA PRIBADI

  1. Tata Skola dapat memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi Anda, Data Institusi Pendidikan, dan Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait dalam rangka menyediakan Layanan Kami kepada Anda melalui:
    • Anda dan/atau pihak lainnya yang diizinkan oleh Anda;
    • setiap kunjungan Anda ke Platform;
    • setiap korespondensi melalui telepon atau surat elektronik (email) dengan Kami; dan/atau
    • sumber-sumber yang tersedia untuk umum yang dapat Kami peroleh tanpa memerlukan persetujuan dan pengetahuan Anda sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Selain Data Pribadi Anda, Data Institusi Pendidikan, dan Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait, Tata Skola juga dapat memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi pemegang saham, penerima manfaat, jajaran pengurus, dan/atau individu-individu lainnya yang berkepentingan melalui Anda, dan dengan demikian Anda menjamin bahwa seluruh Data Pribadi tersebut telah mendapatkan persetujuan oleh pemilik Data Pribadi untuk tujuan diberikan kepada Kami.
  3. Anda dengan ini menyatakan dan menjamin kepada Kami bahwa Anda telah memperoleh persetujuan dari setiap pemilik Data Pribadi, termasuk Pihak Ketiga Terkait, atas pemberian Data Pribadi dan atas isi dari Kebijakan Privasi ini sebelum Data Pribadi tersebut diberikan kepada Kami. Oleh karena itu, Anda sepakat untuk membebaskan Tata Skola, termasuk di dalamnya direksi, komisaris, pemegang saham, konsultan dan/atau karyawan Tata Skola, dari segala tuntutan dan/atau klaim dari pemilik Data Pribadi atas Data Pribadi yang Anda berikan kepada Kami.
  4. Tata Skola dapat memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi sebagai berikut:
No Informasi Rincian Tujuan
1. Informasi pendaftaran

Informasi Sekolah & Yayasan

a.     Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) atau Nomor Pokok Yayasan Pendidikan (NPYP);

b.     Nama Sekolah dan/atau Yayasan;

c.      E-mail Sekolah dan/atau Yayasan;

d.     Nomor Telepon dan/atau Yayasan;

e.     Alamat Sekolah dan/atau Yayasan;

f.      Provinsi Sekolah dan/atau Yayasan;

g.     Kota/Kabupaten Sekolah dan/atau Yayasan; dan

h.     Kecamatan Sekolah dan/atau Yayasan.

Informasi Pengguna Akun Induk Sekolah dan/atau Yayasan

a.     Nama;

b.     Jabatan;

c.     Nomor Telepon; dan

d.     E-mail.

 

Informasi Pengguna Sub-Akun (apabila berlaku)

a.     Nama;

b.     Jabatan;

c.     Nomor Telepon; dan

d.     E-mail.

Untuk membuat Akun Pengguna pada Platform serta untuk proses identifikasi dan verifikasi identitas Pengguna Akun.
2. Informasi ID Akun ID Akun bagi Pengguna untuk mengakses Platform, tidak termasuk kata sandi (Password) Anda.

Untuk membedakan penggunaan Layanan antar Pengguna atau dalam kondisi penggunaan perangkat yang sama oleh beberapa Pengguna dan

upaya preventif terjadinya penipuan/fraud.

3. Informasi Aktivasi Kanal Pembayaran

Pengguna

Dokumen Sekolah & Universitas (dalam naungan Yayasan)

a.     Nama Sekolah;

b.     Provinsi Sekolah;

c.     Kota/Kabupaten Sekolah;

d.     Alamat Sekolah;

e.     Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN);

f.      Sumbangan pembinaan pendidikan (dalam Rupiah);

g.     Rekening Bank Sekolah;

h.     Logo Sekolah;

i.      Akta Pendirian Yayasan (untuk pengguna Yayasan);

j.      Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Yayasan atau Sekolah dan Kepala Sekolah/Rektor;

k.     Piagam Pendirian Sekolah yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan atau Akta Pendirian Universitas atau AD/ART apapun;

l.      Izin Operasional dari Sekolah/Universitas;

m.   TDY/NIB;

n.     Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kepala Sekolah/Rektor, termasuk segala informasi didalamnya;

o.     SK Kepala Sekolah/Rektor;

p.     Sertifikat Akreditasi;

q.     Foto halaman depan buku tabungan atau e-statements (rekening koran); dan

r.      Informasi Pengguna, yaitu:

i.         Alamat e-mail pribadi;

ii.         Nama lengkap;

iii.         Jabatan; dan

iv.         Nomor Telepon.

Dokumen Institusi Pendidikan Berbadan Hukum PT & CV

a.     Nama Institusi Pendidikan;

b.     Provinsi Institusi Pendidikan;

c.     Kota/Kabupaten Institusi Pendidikan;

d.     Alamat Institusi Pendidikan;

e.     Biaya Institusi Pendidikan (dalam Rupiah);

f.      Rekening Bank Institusi Pendidikan;

g.     Logo Institusi Pendidikan;

h.     Kartu Tanda Penduduk (KTP) Direktur/Pemilik, termasuk segala informasi didalamnya;

i.      Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Direktur/Pemilik, termasuk segala informasi didalamnya;

j.      Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Badan Hukum, termasuk segala informasi didalamnya;

k.     Akta pendirian dan perubahan terakhirnya;

l.      NIB (Nomor Induk Berusaha);

m.   Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia terhadap akta pendirian dan perubahan terakhirnya;

n.     Foto halaman depan buku tabungan atau e-statements (rekening koran); dan

o.     Informasi Pengguna, yaitu:

i.         Alamat e-mail pribadi;

ii.         Nama lengkap;

iii.         Jabatan; dan

iv.         Nomor Telepon.

Untuk proses identifikasi dan verifikasi identitas dan keabsahan calon Pengguna guna melakukan aktivasi layanan Kanal Pembayaran.
4. Informasi Pihak Ketiga Terkait

Pihak Ketiga Terkait

 

Dokumen Identitas:

a.     Nama lengkap pelajar;

b.     Tempat dan tangggal lahir pelajar;

c.     Alamat pelajar;

d.     Nomor Induk Siswa (NIS) (apabila berlaku);

e.     Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) (apabila berlaku);

f.      Nomor identifikasi pelajar (apabila berlaku);

g.     Nomor telepon pelajar;

h.     Nama orang tua/wali (apabila berlaku);

i.      Pekerjaan orang tua/wali (apabila berlaku);

j.      Nomor telepon orang tua/wali (apabila berlaku); dan

k.     Alamat orang tua/wali (apabila berlaku).

Untuk membantu orang tua murid/wali dari pelajar dan/atau pelajar tersendiri dalam memberikan Layanan sarana pembayaran Tagihan melalui https://pembayaran.tataskola.id
 
5. Informasi pada saat menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Tata Skola (apabila Anda berpartisipasi dalam acara tersebut) Informasi pada saat menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Tata Skola (apabila Anda berpartisipasi dalam acara tersebut). Untuk memudahkan komunikasi antara Tata Skola dengan Anda, apabila Anda membutuhkan informasi sehubungan dengan Layanan.
6. Informasi melalui korespondensi

Informasi tambahan berupa identitas mengenai Anda dan/atau individu-individu lain yang berkepentingan sehubungan dengan penggunaan Layanan yang dibutuhkan sehubungan dengan Layanan.

 

Untuk dijadikan sebagai informasi tambahan dalam rangka memaksimalkan penggunaan Layanan dan sebagai tolak ukur pertimbangan Tata Skola untuk memberikan Anda akses penggunaan Platform dan Layanan dan untuk memudahkan Tata Skola berkomunikasi dengan korespondensi-korespondensi tersebut.
7. Informasi lain dalam rangka penyediaan Layanan Informasi lainnya yang diperlukan dalam rangka penyediaan layanan Tata Skola kepada Pengguna sepanjang diizinkan oleh ketentuan peraturan perundang-undangan Untuk memaksimalkan penyediaan Layanan kepada Anda sesuai Syarat & Ketentuan Layanan.

 

C.   TUJUAN PENGGUNAAN INFORMASI

  1. TUJUAN PENGGUNAAN DATA PRIBADI ANDA DAN DATA INSTITUSI PENDIDIKAN

Setiap penggunaan Data Pribadi Anda dan Data Institusi Pendidikan yang diperoleh dan dikumpulkan melalui Platform memiliki beberapa tujuan umum yang dapat dipertanggungjawabkan, diantaranya sebagai berikut:

    • Untuk melakukan verifikasi setiap data yang Anda berikan untuk kemudian mengesahkan identitas Anda sebagai data yang valid untuk tujuan pencegahan fraud;
    • Untuk mengelola akurasi dan validitas mengenai informasi yang Anda berikan kepada Kami menurut pertimbangan Kami;
    • Untuk mengidentifikasi Anda pada saat Anda menghubungi Tata Skola dan/atau mengunjungi Platform;
    • Untuk mendeteksi dan upaya preventif terjadinya fraud secara umum;
    • Untuk dapat menghubungi Anda dalam hal merespon segala permintaan Anda;
    • Untuk memutakhirkan model statistik Platform dalam hal memenuhi kebutuhan Anda dan perkembangan teknologi di masa mendatang;
    • Untuk mengizinkan Anda untuk turut serta berpartisipasi di dalam berbagai fitur layanan yang ditawarkan oleh Tata Skola;
    • Untuk mengevaluasi efisiensi dari pemasaran Layanan dalam hal pengecekan berkala dan riset pemasaran;
    • Untuk memberitahukan kepada Anda apabila terjadi perubahan Layanan; dan
    • Untuk memberikan izin kepada pihak ketiga yang berwenang dalam hal mengadakan pengecekan pada status Anda dalam database atau layanan Tata Skola.

 

  1. TUJUAN PENGGUNAAN DATA PRIBADI PIHAK KETIGA TERKAIT

Setiap penggunaan Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait yang diperoleh dan dikumpulkan melalui Platform memiliki beberapa tujuan umum yang dapat dipertanggungjawabkan, di antaranya sebagai berikut:

    • Untuk memperoleh Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait dalam rangka menyediakan Layanan sarana pembayaran Tagihan melalui https://pembayaran.tataskola.id kepada Pihak Ketiga Terkait;
    • Untuk melakukan verifikasi setiap Data Pribadi Pihak Ketiga untuk kemudian mengesahkan identitas Pihak Ketiga Terkait tersebut sebagai data yang valid untuk tujuan pencegahan fraud;
    • Untuk mengelola akurasi dan validitas mengenai informasi Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait menurut pertimbangan Tata Skola;
    • Untuk mendeteksi dan upaya preventif terjadinya fraud secara umum;
    • Untuk memutakhirkan model statistik Platform dalam hal memenuhi kebutuhan pengguna dan perkembangan teknologi di masa mendatang; dan
    • Untuk mengevaluasi efisiensi dari pemasaran produk Tata Skola dalam hal pengecekan berkala dan riset pemasaran.

 

D.   PENYIMPANAN INFORMASI

  1. Tata Skola berkomitmen untuk menjaga dan melindungi keamanan segala Data Institusi Pendidikan dan Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait yang telah diberikan kepada Kami.
  2. Tata Skola memberikan Anda hak untuk menentukan sebuah kata sandi yang memberikan Anda kemudahan untuk dapat mengakses setiap bagian tertentu dari Platform Tata Skola; Anda bertanggung jawab untuk memberlakukan kata sandi tersebut sebagai hal yang sangat rahasia dan tidak membagikan kata sandi tersebut kepada pihak yang tidak berkepentingan.
  3. Pengguna dengan ini mengetahui dan memahami bahwa pengiriman informasi melalui internet tidak sepenuhnya aman. Meskipun Kami telah berusaha sebaik mungkin dalam menggunakan sarana dan sumber daya yang Kami miliki untuk melindungi informasi pribadi Anda, Kami tidak dapat menjamin keamanan tersebut sepenuhnya. Pengiriman data apapun adalah tanggung jawab Anda pribadi. Ketika Tata Skola menerima Data Pribadi Anda, Data Institusi Pendidikan, dan/atau Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait, Tata Skola akan menggunakan prosedur yang ketat dan fitur kemanan tingkat tinggi sebagai usaha untuk mencegah akses atau masuknya transmisi asing yang tidak bertanggung jawab.

 

E.    PENGUNGKAPAN DATA PRIBADI

  1. Anda menyetujui dan memberikan kuasa kepada Tata Skola untuk mengungkapkan dan memberikan segala Data Pribadi Anda, Data Institusi Pendidikan, dan/atau Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait (sepanjang telah disetujui sebelumnya oleh Pihak Ketiga Terkait), kepada pihak-pihak lain yang berkepentingan sehubungan dengan penyediaan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada, sebagai berikut:
No. Pihak-Pihak Lain Tujuan
1. Mitra penyedia layanan pesan instan dan/atau email Untuk tujuan menyampaikan informasi sehubungan dengan layanan Tata Skola kepada Anda yang telah menjadi Pengguna melalui pesan instan dan/atau email.
2. Mitra penyedia layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi (“LPMUBTI”) Apabila telah disetujui sebelumnya oleh Pengguna, untuk tujuan kerja sama dengan perusahaan LPMUBTI dalam menyediakan penawaran pinjaman uang kepada Anda.
3. Institusi berwenang dan/atau sah lainnya di Indonesia Untuk tujuan yang dipersyaratkan dan/atau diperbolehkan berdasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  1. Selama tidak ditentukan selainnya di dalam Kebijakan Privasi ini, Tata Skola tidak akan mengungkapkan atau membagikan segala Data Pribadi Anda, Data Institusi Pendidikan, dan/atau Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait tanpa terlebih dahulu mendapatkan persetujuan tertulis atau lisan dari Anda dan/atau Pihak Ketiga Terkait, kecuali, dalam keadaan tertentu dimana undang-undang memerintahkan untuk mengungkapkan hal tersebut.
  2. Tata Skola berkomitmen untuk merahasiakan, menjaga, menghormati dan menjunjung tinggi privasi Anda dan Tata Skola tidak akan pernah membagikan, memberikan, mendistribusikan, atau memperjualbelikan Data Pribadi Anda, Data Institusi Pendidikan dan/atau Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait kepada pihak manapun, selain yang disebutkan dalam Kebijakan Privasi ini. Namun, ketentuan tersebut tidak berlaku apabila:
    • Adanya pengakuan secara hukum oleh pihak ketiga lainnya atas kepemilikan informasi Data Pribadi Anda, Data Institusi Pendidikan, dan/atau Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait tersebut sebelum pengungkapan;
    • Data Pribadi Anda, Data Institusi Pendidikan, dan/atau Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait tersebut telah tersedia sebagai informasi publik dimana ketersediaan itu tidak melanggar hukum;
    • Anda telah memberikan persetujuan secara tertulis untuk mengungkapkan Data Pribadi Anda, Data Institusi Pendidikan, dan/atau Anda telah memperoleh persetujuan Pihak Ketiga Terkait untuk memberikan Tata Skola persetujuan untuk mengungkapkan Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait, sebagaimana dimaksud dalam Klausul E (2) di atas; dan/atau
    • Informasi Anda diwajibkan untuk diungkapkan berdasarkan perintah pengadilan, di dalam proses persidangan dan/atau berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

F.    TAUTAN KE SITUS ATAU APLIKASI LAIN

Bahwa apabila Anda menemukan tautan yang menghubungkan Platform ke situs web lain atau aplikasi lain yang tidak terkait langsung dengan Tata Skola, maka perlu diketahui bahwa Tata Skola tidak bertanggung jawab atas informasi yang dikumpulkan oleh situs web atau aplikasi lain tersebut dan bahwa Anda menyetujui untuk membebaskan dan melepaskan Tata Skola sepenuhnya dari tanggung jawab apapun sehubungan dengan pengumpulan informasi oleh situs web atau aplikasi lain tersebut.

G.   JANGKA WAKTU, PENGHAPUSAN INFORMASI, DAN LARANGAN PENUNDAAN INFORMASI

  1. Anda memahami dan menyetujui, serta telah memberitahukan dan memperoleh persetujuan dari Pihak Ketiga Terkait, bahwa Layanan yang dapat disediakan oleh Tata Skola kepada Anda dan Pihak Ketiga Terkait bergantung pada penggunaan, penyimpanan dan pemrosesan Data Pribadi Anda, Data Insitusi Pendidikan, dan Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait, dan bahwa Tata Skola tidak dapat menyediakan Layanan tanpa keberadaan data-data tersebut. Oleh karena itu, dengan menyetujui Kebijakan Privasi ini, Anda menyetujui, dan telah memperoleh persetujuan dari Pihak Ketiga Terkait, bahwa setiap penggunaan Data Insitusi Pendidikan dan Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait oleh Tata Skola untuk tujuan pemberian Layanan tidak dapat ditunda maupun dibatasi, kecuali dalam hal dilakukannya penghapusan Data Pribadi Pengguna sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.
  2. Tata Skola memiliki hak untuk menggunakan dan menyimpan Data Pribadi Anda, Data Insitusi Pendidikan, dan Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait pada sistem elektronik yang dimiliki Tata Skola untuk jangka waktu paling singkat selama 5 (lima) tahun semenjak Akun Pengguna sudah dinon-aktifkan atau tidak pernah lagi melakukan transaksi pada Platform, kecuali:
    • Anda meminta agar Tata Skola menghapus Data Pribadi Anda dan/atau Data Insitusi Pendidikan lebih cepat atau Pengguna menarik kembali persetujuan terhadap Kebijakan Privasi ini; dan/atau
    • Pihak Ketiga Terkait meminta agar Tata Skola menghapus Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait lebih cepat atau Pihak Ketiga Terkait menarik kembali persetujuan yang diberikan kepada Pengguna terhadap Kebijakan Privasi ini, yang mana dalam hal tersebut, Tata Skola akan terlebih dahulu melakukan verifikasi dengan Pengguna mengenai identitas Pihak Ketiga Terkait sebelum menindaklanjuti permintaan dari Pihak Ketiga Terkait tersebut.

 

  1. Anda menyetujui bahwa Anda dan/atau Pihak Ketiga Terkait berhak untuk mengajukan penghapusan Data Pribadi Anda, Data Institusi Pendidikan, dan/atau Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait:
    • apabila di kemudian hari, Anda dan/atau Pihak Ketiga Terkait mengetahui bahwa Data Institusi Pendidikan dan/atau Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait telah diserahkan kepada Kami dan Anda dan/atau Pihak Ketiga Terkait tidak menyetujui hal tersebut; dan/atau
    • apabila Anda tidak lagi menggunakan Layanan;
  1. Bahwa, baik Anda dan juga termasuk Pihak Ketiga Terkait sebagaimana telah diberitahukan oleh Anda dan disetujui Pihak Ketiga Terkait, juga memahami dan menyetujui bahwa Tata Skola memiliki hak untuk dan atas data tersebut, namun tidak terbatas pada kewajiban atas kebijakannya sendiri, menyimpan data-data tertentu sehubungan dengan Anda dan/atau Pihak Ketiga Terkait (tanpa pemberitahuan Anda atau pun Pihak Ketiga Terkait) segala Data Pribadi Anda, Data Institusi Pendidikan, dan/atau Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait termasuk, namun tidak terbatas pada, informasi sehubungan dengan Layanan yang dipergunakan oleh Anda dan/atau Pihak Ketiga Terkait, serta informasi-informasi lainnya seperti informasi yang, atas diskresi Tata Skola semata, dapat dikategorikan sebagai suatu pelanggaran Syarat & Ketentuan, pertentangan oleh Anda terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan/atau informasi terkait dengan Anda dan/atau Pihak Ketiga Terkait yang, berdasarkan diskresi Tata Skola semata, dapat berpotensi melanggar atau membahayakan hak, keamanan, dan kenyamanan Pengguna dan/atau Pihak Ketiga Terkait lainnya.

 

H.   PERBAIKAN DAN PERUBAHAN DATA PRIBADI

  1. Apabila dianggap penting, Tata Skola juga dapat melakukan modifikasi atau perubahan sewaktu-waktu terhadap Data Pribadi Anda, Data Institusi Pendidikan, dan/atau Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait yang disimpan di dalam database Kami, dengan mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Anda dan/atau persetujuan dari Pihak Ketiga Terkait melalui Anda sebagaimana disyaratkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Anda/Pihak Ketiga Terkait dapat melakukan pembaharuan Data Pribadi Anda, Data Institusi Pendidikan, dan/atau Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait dengan cara melakukan permohonan pembaharuan data kepada Kami melalui customer care Tata Skola dengan disertai dokumen pendukung untuk melakukan pembaharuan informasi tersebut.
  3. Untuk menghindari keraguan, segala permintaan pembaharuan Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait yang diajukan oleh Pihak Ketiga Terkait secara langsung kepada Kami sesuai dengan Klausul H (2) di atas, akan Kami lakukan verifikasi terlebih dahulu mengenai identitas Pihak Ketiga Terkait tersebut dengan Pengguna terkait sebelum melaksanakan tindak lanjut perbaikan dan perubahan Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait.

 

I.     PERUBAHAN DAN PEMBAHARUAN KEBIJAKAN PRIVASI

Untuk memastikan Kebijakan Privasi ini sesuai dengan peraturan perundang-undang yang berlaku, Kami dapat mengubah atau memperbaharui Kebijakan Privasi ini sewaktu-waktu dan Anda diwajibkan untuk memeriksa Kebijakan Privasi ini secara berkala dan Anda juga wajib memberitahukan perubahan dan pembaharuan tersebut kepada Pihak Ketiga Terkait. Terhadap hal tersebut, kami juga dapat memberikan pemberitahuan kepada Anda dan/atau Pihak Ketiga Terkait (melalui Anda) mengenai perubahan atau pembaharuan terhadap Kebijakan Privasi ini, akan tetapi apabila Anda tetap melanjutkan untuk menggunakan Platform dan Layanan ini setelah Kami melakukan perubahan baik sebagian maupun keseluruhan dari Kebijakan Privasi ini, maka Anda dianggap telah mengakui, menyetujui, dan telah memperoleh persetujuan dari Pihak Ketiga Terkait, terhadap perubahan tersebut dan Anda dengan sendirinya tunduk dan mengikatkan diri dengan perubahan Kebijakan Privasi tersebut. Apabila Anda atau Pihak Ketiga Terkait tidak menyetujui perubahan atau pembaharuan Kebijakan Privasi ini, mohon berhenti menggunakan Layanan Kami.

J.     PENARIKAN KEMBALI PERSETUJUAN

  1. Sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Pengguna dapat menghubungi customer care Tata Skola untuk melakukan penarikan persetujuan terhadap pemerolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan penggunaan Data Pribadi Pengguna dan/atau Data Institusi Pendidikan. Apabila Pengguna melakukan demikian maka Pengguna memahami konsekuensi bahwa Pengguna tidak dapat menggunakan Layanan Tata Skola.
  2. Apabila Pihak Ketiga Terkait menghubungi customer care Tata Skola untuk melakukan penarikan persetujuan terhadap pemerolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan penggunaan Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait, maka Tata Skola akan terlebih dahulu melakukan verifikasi terhadap identitas Pihak Ketiga Terkait tersebut sebelum melaksanakan tindak lanjut pemutusan Layanan Tata Skola.
  3. Setelah permintaan sebagaimana dimaksud pada Klausul J (1) dan (2) di atas, Kami akan berhenti mengumpulkan, menggunakan atau mengungkapkan data-data tersebut, kecuali diwajibkan oleh hukum atau Kami memiliki tujuan bisnis atau hukum yang sah untuk melakukan hal tersebut.
  4. Pengguna setuju bahwa Tata Skola tidak akan bertanggung jawab terhadap segala kehilangan atau kerugian yang timbul dari atau berhubungan dengan penarikan kembali persetujuan tersebut.

 

K.    PENGADUAN TERKAIT DATA PRIBADI

  1. Dalam hal Pengguna/Pihak Ketiga Terkait memiliki kekhawatiran mengenai pemrosesan Tata Skola terhadap Data Pribadi Pengguna, Data Institusi Pedidikan, dan/atau Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait atau jika Pengguna/Pihak Ketiga Terkait yakin bahwa privasinya telah dilanggar, Pengguna/Pihak Ketiga Terkait (melalui Anda) dapat menghubungi Tata Skola melalui customer care Tata Skola tercantum dalam Kebijakan Privasi ini dengan menjelaskan identitas dan sifat keluhan Pengguna. Apabila Pihak Ketiga Terkait menghubungi Tata Skola melalui customer care Tata Skola secara langsung tanpa melalui Anda, maka Tata Skola akan terlebih dahulu melakukan verifikasi mengenai identitas Pihak Ketiga Terkait tersebut dengan Pengguna terkait sebelum melaksakanan tindak lanjut penyelidikan keluhan tersebut.
  2. Tata Skola akan menyelidiki keluhan Pengguna/Pihak Ketiga Terkait dan berupaya untuk memberikan tanggapan terhadap keluhan tersebut dalam kurun waktu yang wajar setelah menerima keluhan yang disampaikan oleh Pengguna dan/atau Pihak Ketiga Terkait.

 

L.    HUBUNGI KAMI

Apabila Pengguna/Pihak Ketiga Terkait memiliki pertanyaan, komentar, keluhan, atau permintaan mengenai Kebijakan Privasi ini atau Pengguna ingin mendapatkan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap Data Pribadi Anda, Data Institusi Pedidikan, dan/atau Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait, silakan hubungi customer care Tata Skola melalui laman https://www.tataskola.id/hubungi-kami/.