SYARAT DAN KETENTUAN

(TERMS AND CONDITIONS)

PT TATASKOLA TEKNOLOGI INDONESIA

Selamat Datang di Tata Skola!

Terima kasih telah mengunjungi Platform Kami. Syarat & Ketentuan di bawah ini mengatur pemakaian Layanan yang disediakan oleh Tata Skola. Dengan mendaftar dan/atau menggunakan Layanan Tata Skola, Anda mengakui bahwa Anda telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui seluruh isi dalam Syarat & Ketentuan di bawah ini. Syarat & Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Tata Skola dan Anda sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Syarat & Ketentuan di bawah ini dapat berubah atau diperbaharui sebagian atau seluruhnya dari waktu ke waktu dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Anda dan akan berlaku secara bersama dengan pengunggahannya ke situs Tata Skola. Dengan tetap mengakses Akun Pengguna, Anda dianggap menyetujui perubahan apapun pada Syarat & Ketentuan ini.

A.   DEFINISI

Kecuali dinyatakan lain, di dalam Syarat & Ketentuan ini setiap kata yang dimulai dengan huruf kapital memiliki definisi sebagai berikut:

“Akses Pihak Ketiga Terkait” adalah akses yang diberikan oleh Tata Skola kepada Pihak Ketiga Terkait untuk dapat melihat informasi Tagihan melalui Platform dan meneruskan proses pembayaran Tagihan tersebut melalui penyedia Kanal Pembayaran;

Akun Induk” adalah akun yang dibuat melalui pendaftaran pada Platform dan memiliki fungsi sebagai induk dari Sub-Akun dan pemantauan terhadap setiap transaksi dalam serta laporan yang dihasilkan dari penyediaan Layanan;

“Akun Pengguna” adalah akun yang secara khusus digunakan sebagai identitas Anda dan mencatat kegiatan Anda ketika menggunakan Layanan ini, dalam hal ini mencakup Akun Induk dan Sub-Akun;

“Data Pribadi” adalah data tentang seseorang baik yang teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau non-elektronik, yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi secara langsung maupun tidak langsung orang tersebut;

Institusi Pendidikan” adalah badan hukum, badan usaha, perusahaan, institusi atau organisasi yang bergerak pada bidang pendidikan baik formal maupun non-formal yang telah mendaftarkan diri untuk menggunakan Layanan melalui Pengguna;

“Kanal Pembayaran” adalah layanan gerbang atau medium transaksi yang disediakan oleh penyedia layanan Kanal Pembayaran, mitra dari Tata Skola, bagi Pihak Ketiga Terkait untuk dapat melakukan pembayaran Tagihan;

Kebijakan Privasi” adalah kebijakan privasi yang dikeluarkan oleh Tata Skola sebagaimana tertera pada Platform;

Layanan” adalah penyediaan layanan oleh Tata Skola melalui Platform ini dalam bentuk layanan sistem manajemen keuangan atau sarana pembayaran Tagihan dengan rincian sebagaimana dimaksud dalam Klausul B;

“Media Penagihan” adalah media komunikasi yang akan digunakan oleh Tata Skola untuk dapat memberikan informasi Tagihan kepada Pihak Ketiga Terkait dengan mengatasnamakan Pengguna;

“Pengguna” atau “Anda” adalah individu atau perseorangan sebagai perwakilan sah dari Institusi Pendidikan yang telah memiliki Akun Pengguna dan menggunakan akun tersebut untuk mengakses Layanan;

“Pihak Ketiga Terkait” adalah orang tua, wali, pihak yang berwenang mewakili pelajar, atau pelajar tersebut sendiri, yang terdaftar pada Institusi Pendidikan yang berkewajiban untuk melakukan pembayaran Tagihan yang diterbitkan oleh Institusi Pendidikan;

“Platform” adalah mengacu pada situs web https://www.tataskola.id, termasuk semua domain dan sub-domainnya;

Sub-Akun” adalah akun turunan yang dapat dibuat oleh dan di bawah pengelolaan Akun Induk yang memiliki fungsi untuk mengunggah informasi dan/atau data tertentu yang diperlukan oleh Tata Skola dalam menyediakan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada, informasi Pihak Ketiga Terkait dan informasi Tagihan untuk tujuan pelaksanaan penagihan Tagihan;

“Tagihan” adalah kewajiban-kewajiban pembayaran Pihak Ketiga Terkait terhadap Institusi Pendidikan; dan

“Tata Skola atau “Kami” adalah PT Tataskola Teknologi Indonesia, perusahaan yang menyediakan Layanan.

B.   LAYANAN TATASKOLA

  1. Kami menyediakan layanan sistem manajemen keuangan bagi Institusi Pendidikan melalui Anda, dengan rincian sebagai berikut:
    • Penerbitan, pengelolaan, dan pemantauan Tagihan;
    • Penagihan melalui Media Penagihan;
    • Penyediaan Kanal Pembayaran Tagihan;
    • Laporan transaksi pembayaran Tagihan; dan
    • Penyediaan informasi mengenai pemasukkan dan pengeluaran Institusi Pendidikan.
  1. Anda dapat mengakses dan menggunakan Layanan kami sesuai dengan batasan akses yang kami berikan berdasarkan jenis Akun Pengguna yang dimiliki oleh Anda pada Platform, dengan rincian sebagai berikut:
Jenis Akun Pengguna Rincian Akses
Akun Induk

·   Anda dapat mengunggah atau melengkapi informasi milik Institusi Pendidikan Anda untuk dapat mengaktifkan layanan Kanal Pembayaran;

·   Anda dapat mengunggah atau melengkapi informasi milik Pengguna Sub-Akun untuk mengaktifkan Sub-Akun; dan

·   Anda dapat menerima laporan atas penggunaan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada laporan pembayaran Tagihan.

Sub-Akun

·    Anda dapat mengunggah atau melengkapi informasi milik Institusi Pendidikan Anda untuk dapat mengaktifkan layanan Kanal Pembayaran; dan

·    Anda dapat mengunggah informasi pribadi dan informasi Tagihan milik Pihak Ketiga Terkait agar Pihak Ketiga Terkait dapat mengakses informasi Tagihan pada https://pembayaran.tataskola.id.

  1. Untuk menghindari keraguan, akses yang dimiliki oleh Sub-Akun merupakan akses turunan dari Akun Induk, sehingga apabila sewaktu-waktu Pengguna Akun Induk menghentikan penggunaan Layanan Tata Skola, maka akses dari Sub-Akun, termasuk Akses Pihak Ketiga Terkait, akan secara otomatis berhenti.
  2. Apabila seluruh informasi Pihak Ketiga Terkait, termasuk informasi Tagihan, telah diunggah oleh Pengguna, Tata Skola akan menyediakan layanan sarana pembayaran Tagihan kepada Pihak Ketiga Terkait, dengan cara sebagai berikut:
    • Memberikan Akses Pihak Ketiga Terkait melalui Platform. Pihak Ketiga Terkait dapat mencari Tagihan di Platform agar Tagihan terkait dapat ditampilkan oleh Pengguna untuk kepentingan Pihak Ketiga Terkait; dan
    • Memberikan pemberitahuan atau pengingat mengenai waktu pembayaran Tagihan melalui Media Penagihan, atau media lain yang dapat ditentukan oleh Tata Skola dari waktu ke waktu.
  1. Tanpa mengesampingkan Klausul D.5 dari Syarat & Ketentuan ini, Tata Skola membebaskan Pengguna dari segala biaya Layanan yang dapat dikenakan oleh Tata Skola berdasarkan Syarat & Ketentuan ini.

 

C.    PERSYARATAN PENGGUNAAN LAYANAN TATA SKOLA

Dengan menggunakan Layanan Tata Skola, Institusi Pendidikan yang diwakili oleh Pengguna dan Pengguna memahami, menyanggupi dan menyetujui untuk:

  1. Tata Skola berhak untuk mengalihkan seluruh atau sebagian kewajiban penyediaan layanan berdasarkan Syarat & Ketentuan ini kepada pihak ketiga lainnya. Dalam hal ini layanan yang dapat dialihkan kepada pihak ketiga lainnya adalah, termasuk namun tidak terbatas pada, penyediaan Media Penagihan untuk kepentingan pelaksanaan penagihan Tagihan dan layanan penyediaan kanal pembayaran untuk tujuan pembayaran Tagihan dari Pihak Ketiga Terkait.
  2. Memberikan persetujuan dan kuasa yang tidak dapat ditarik kembali kepada Tata Skola selama Institusi Pendidikan, yang diwakili oleh Pengguna, masih menggunakan layanan Tata Skola untuk mewakili dan mengatasnamakan Institusi Pendidikan, untuk:
    • Melakukan komunikasi atau mengirimkan pesan atau pengingat untuk melakukan pembayaran Tagihan secara langsung kepada Pihak Ketiga Terkait melalui Media Penagihan;
    • Melakukan komunikasi secara langsung dengan pihak ketiga lainnya yang berkepentingan untuk tujuan penyediaan layanan kepada Institusi Pendidikan yang diwakili oleh Pengguna berdasarkan Syarat & Ketentuan ini; dan
    • Atas pemberian data dan/atau dokumen administrasi yang diberikan oleh Pengguna, Tata Skola berhak untuk menggunakan dan/atau memberikan data dan/atau dokumen administrasi tersebut kepada pihak ketiga lainnya yang berkepentingan untuk tujuan penyediaan Layanan berdasarkan Kebijakan Privasi dan Syarat & Ketentuan ini.
  1. Pengguna, baik dalam kapasitasnya sebagai perseorangan pribadi maupun perwakilan dari Institusi Pendidikan, menyatakan dan menjamin kepada Tata Skola bahwa seluruh hal di bawah ini adalah benar, akurat dan tidak menyesatkan:
    • Institusi Pendidikan yang diwakili oleh Pengguna telah didirikan secara sah berdasarkan hukum yurisdiksi pendiriannya dan tidak sedang menjani proses kepailitan atau proses hukum apa pun yang dapat menghalangi pelaksanaan hak dan kewajibannya dalam Syarat & Ketentuan ini;
    • Institusi Pendidikan yang diwakili oleh Pengguna tersebut telah memiliki izin operasional dan/atau izin lainnya yang diperlukan untuk menjalankan kegiatan usahanya;
    • Pengguna merupakan peseorangan yang cakap secara hukum dan memiliki kewenangan atau kapasitas untuk bertindak untuk dan atas nama Institusi Pendidikan milik Pengguna;
    • Semua tindakan, kondisi dan lain-lain yang perlu diambil, dipenuhi, dan dilakukan (termasuk memperoleh persetujuan yang diperlukan) agar:
      • secara sah, memungkinkan Pengguna untuk menyetujui Syarat & Ketentuan ini, melakukan dan melaksanakan hak dan memenuhi kewajibannya sebagaimana diatur dalam Syarat & Ketentuan ini; dan
      • telah diambil, dipenuhi, dan dilakukan hal-hal yang diperlukan agar Syarat & Ketentuan ini dapat diterima sebagai bukti di pengadilan Indonesia;

 

    • Persetujuan secara digital, pelaksanaan hak dan/atau pemenuhan kewajibannya sebagaimana diatur dalam Syarat & Ketentuan ini tidak akan melanggar atau melampaui kuasa atau pembatasan yang diberikan berdasarkan hukum yang berlaku yang mengikatnya atau dokumen pendiriannya;
    • Ketentuan-ketentuan dalam perjanjian-perjanjian yang telah ada dan perjanjian dimana masing-masing pihak tersebut merupakan pihak tidak akan mencegah ataupun menghalangi pihak dimaksud dalam melaksanakan setiap kewajibannya berdasarkan Syarat & Ketentuan ini;
    • Pengguna akan selalu dan tetap mematuhi semua peraturan perundang-undangan yang berlaku sehubungan dengan kewajibannya masing-masing berdasarkan Syarat & Ketentuan ini;
    • Pengguna akan melakukan tindakan-tindakan yang dianggap perlu untuk menjaga reputasi, nama baik, dan integritas Tata Skola selama masa berlangsungnya kerja sama dalam Syarat & Ketentuan ini.
    • Institusi Pendidikan yang diwakili oleh Pengguna telah mendapatkan persetujuan dari Pihak Ketiga Terkait bahwa Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait akan diserahkan kepada dan digunakan oleh Tata Skola dan pihak ketiga lainnya sehubungan dengan penyediaan Layanan berdasarkan pada Syarat & Ketentuan ini, sebagaimana diatur lebih lanjut dalam Kebijakan Privasi;
    • Institusi Pendidikan yang diwakili oleh Pengguna telah mendapatkan persetujuan dari Pihak Ketiga Terkait bahwa Tata Skola akan menggunakan Data Pribadi Pihak Ketiga Terkait yang diberikan oleh Pengguna untuk menghubungi masing-masing Pihak Ketiga Terkait melalui Media Penagihan untuk tujuan pemberitahuan, komunikasi, dan penyampaian informasi Tagihan kepada Pihak Ketiga Terkait.
    • Apabila sewaktu-waktu Pengguna berhenti menggunakan Layanan Tata Skola, Pengguna dengan ini setuju untuk membebaskan Tata Skola dari segala bentuk gugatan, tuntutan, dan/atau klaim dari Pihak Ketiga Terkait sehubungan dengan transaksi yang dilakukan oleh Pihak Ketiga Terkait setelah penghentian penggunaan Layanan Tata Skola oleh Pengguna

 

D.   KANAL PEMBAYARAN

  1. Institusi Pendidikan yang diwakili oleh Pengguna dengan ini berhak untuk memilih dan melakukan aktivasi Kanal Pembayaran untuk tujuan pembayaran Tagihan bagi Pihak Ketiga Terkait melalui Tata Skola. Rincian pilihan Kanal Pembayaran akan lebih lanjut diinformasikan oleh Tata Skola kepada Institusi Pendidikan yang diwakili oleh Pengguna dan/atau
  2. Institusi Pendidikan yang diwakili oleh Pengguna memahami dan menyetujui bahwa segala bentuk komunikasi dengan penyedia layanan Kanal Pembayaran terkait dengan Layanan yang disediakan akan dilakukan melalui Tata Skola, kecuali disepakati lain oleh Tata Skola.
  3. Segala biaya Layanan berdasarkan pada Klausul D ini akan ditagih secara langsung oleh penyedia layanan Kanal Pembayaran kepada Institusi Pendidikan atau Pihak Ketiga Terkait.
  4. Pengguna dan Tata Skola sepakat untuk lebih lanjut menandatangani suatu perjanjian terpisah yang dapat dipersyaratkan oleh masing-masing penyedia layanan Kanal Pembayaran. Untuk menghindari keraguan, Pengguna dengan ini sepakat bahwa segala perubahan dari isi perjanjian antara Pengguna dan penyedia layanan Kanal Pembayaran, termasuk penambahan atau pengurangan penyediaan Kanal Pembayaran, wajib mendapatkan persetujuan secara tertulis sebelumnya dari Tata Skola.
  5. Untuk menghindari keraguan, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa:
    • pengaktifan layanan Kanal Pembayaran oleh penyedia layanan Kanal Pembayaran hanya dapat dilakukan setelah seluruh dokumen persyaratan telah dilengkapi, termasuk penandatanganan perjanjian antara penyedia layanan Kanal Pembayaran dan Institusi Pendidikan yang diwakili Pengguna; dan
    • Institusi Pendidikan yang diwakili Pengguna masih memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran biaya layanan dari penyediaan layanan Kanal Pembayaran secara langsung, dengan mekanisme pembayaran yang dapat disepakati lebih lanjut antara Pengguna dan penyedia layanan Kanal Pembayaran tersebut. Untuk menghindari keraguan, Institusi Pendidikan yang diwakili oleh Pengguna dapat membebankan biaya layanan Kanal Pembayaran kepada Pihak Ketiga Terkait sesuai kesepakatan antara penyedia layanan Kanal Pembayaran dan Institusi Pendidikan yang diwakili Pengguna.

 

E.    MEDIA DAN PROSEDUR PENAGIHAN

Dalam prosedur penagihan sebagai bagian dari Layanan ini, Institusi Pendidikan yang diwakili oleh Pengguna memahami dan menyetujui untuk:

  1. Memberikan kuasa kepada Tata Skola, atas nama Institusi Pendidikan, untuk mengirimkan informasi Tagihan kepada Pihak Ketiga Terkait berdasarkan daftar Pihak Ketiga Terkait melalui Surat Elektronik (E-mail) dan Whatsapp;
  2. Pengguna berhak untuk menentukan isi pesan, terbatas untuk pemberitahuan atau penagihan pembayaran Tagihan kepada Pihak Ketiga Terkait;
  3. Dengan tunduk pada instruksi yang diberikan oleh Pengguna. Tata Skola hanya akan mengirimkan pesan tersebut kepada Pihak Ketiga Terkait berdasarkan pada frekuensi dan jangka waktu yang akan lebih lanjut disepakati oleh Institusi Pendidikan yang diwakili Pengguna dan Tata Skola; dan
  4. Pengiriman pesan tersebut hanya akan dilakukan di antara pukul 08.00 dan 20.00 waktu setempat pada hari selain hari raya keagamaan dan hari libur nasional.

 

F.    KEBENARAN DAN KERAHASIAAN DATA

Pengaturan mengenai kebenaran dan kerahasian data dalam Klausul F dari Syarat & Ketentuan ini akan tunduk pada Kebijakan Privasi yang tertera pada Platform sebagaimana dapat diakses pada https://www.tataskola.id/kebijakan-privasi/.

G.   HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

  1. Pengguna mengakui dan setuju bahwa tidak ada hal dalam Syarat & Ketentuan ini yang akan mempengaruhi kepemilikan masing-masing pihak atas hak cipta, paten, merek dagang, tanda layanan, nama dagang dan hak kekayaan intelektual terkait lainnya (“Hak Kekayaan Intelektual”) yang ada sebelum dan sesudah berlakunya Syarat & Ketentuan ini.
  2. Institusi Pendidikan yang diwakili oleh Pengguna dan Tata Skola memiliki hak untuk menggunakan merek dagang milik pihak lainnya pada material pemasaran, situs web, dan/atau saluran lain untuk tujuan pelaksanaan Syarat & Ketentuan ini, dengan pemberitahuan secara tertulis sebelumnya kepada pihak yang bersangkutan.

 

H.   JANGKA WAKTU DAN BERAKHIRNYA SYARAT & KETENTUAN

  1. Syarat & Ketentuan ini akan tetap berlaku selama Pengguna masih menggunakan Layanan yang disediakan oleh Tata Skola.
  2. Dalam hal Pengguna ingin berhenti menggunakan Layanan Tata Skola, maka Pengguna yang bersangkutan wajib menyampaikan pemberitahuan kepada Tata Skola paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender sebelumnya dengan terlebih dahulu menyelesaikan segala kewajibannya.
  3. Apabila salah satu Pihak tidak memenuhi kewajibannya sebagaimana diperjanjikan dalam Syarat & Ketentuan ini dan telah berlangsung selama 7 (tujuh) hari kalender sejak diinformasikan kepada Pihak yang tidak memenuhi kewajibannya maka:
    • Apabila pihak yang dirugikan adalah Tata Skola, maka Kami memiliki hak untuk menghentikan akses Layanan Tata Skola kepada Pengguna sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna; atau
    • Apabila pihak yang dirugikan adalah Pengguna, maka Pengguna dapat mengajukan penghentian penggunaan Layanan Tata Skola dengan terlebih dahulu memberikan surat peringatan kepada Tata Skola.
  1. Dalam hal peringatan sebagaimana diatur dalam Klausul H nomor (3) di atas tidak ditanggapi dalam waktu 7 (tujuh) hari kalender, maka Syarat & Ketentuan ini berakhir dengan sendirinya.
  2. Berakhirnya Syarat & Ketentuan sebagaimana diatur dalam Klausul nomor H (2) dan (4) tidak menghapus hak-hak dan kewajiban-kewajiban masing-masing Pihak yang telah timbul pada saat Syarat & Ketentuan ini masih berlaku.
  3. Anda dan Tata Skola dengan ini sepakat untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata sepanjang diperlukannya suatu putusan pengadilan untuk pengakhiran Syarat & Ketentuan ini.

 

I.     KEADAAN KAHAR

  1. Apabila dalam pelaksanaan Syarat & Ketentuan ini menjadi tidak mungkin dilaksanakan oleh Tata Skola dan/atau Pengguna dan berakibat berakhirnya Syarat & Ketentuan ini karena keadaan di luar kemampuan salah satu pihak tersebut termasuk namun tidak terbatas dalam hal ini kejadian-kejadian yang alamiah, kecelakaan lalu lintas, pemogokan umum, kerusuhan, peledakan bom, bencana alam, perang, revolusi, kebakaran, kebanjiran, epidemia, karantina, pemberontakan dan kebijaksanaan Pemerintah serta peraturan-peraturan Pemerintah selanjutnya disebut keadaan kahar (“Keadaan Kahar”), maka masing-masing Pihak tidak dapat dinyatakan wanprestasi karena kegagalan untuk melaksanakan Syarat & Ketentuan ini.
  2. Apabila Tata Skola dan/atau Pengguna tidak dapat melaksanakan kewajibannya karena adanya Keadaan Kahar, maka pihak tersebut wajib mengirimkan pemberitahuan tertulis kepada pihak lainnya segera setelah peristiwa tersebut terjadi.
  3. Dalam hal Keadaan Kahar terjadi lebih dari 60 (enam puluh) hari kalender berturut-turut setelah tanggal pemberitahuan, Tata Skola atau Pengguna dapat mengirimkan pemberitahuan tertulis untuk mengakhiri Syarat & Ketentuan kepada pihak lainnya.
  4. Segala kerugian yang timbul karena Keadaan Kahar tidak menimbulkan tanggung jawab kepada pihak lain untuk mengganti kerugian tersebut.

 

J.     HUKUM YANG MENGATUR DAN PENYELESAIAN SENGKETA

  1. Syarat & Ketentuan ini diatur berdasarkan dan dibuat sesuai dengan hukum Negara Republik Indonesia.
  2. Segala perbedaan, sengketa, konflik, kontroversi atau klaim yang timbul dari atau sehubungan dengan Syarat & Ketentuan ini (“Sengketa”) akan diselesaikan secara kekeluargaan oleh Tata Skola dan Anda.
  3. Apabila penyelesaian Sengketa sebagaimana Klausul J nomor (2) di atas tidak tercapai suatu kesepakatan, maka Tata Skola dan Pengguna setuju untuk menyelesaikannya melalui jalur arbitrase yaitu melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (“BANI”) yang berkedudukan di Wahana Graha, Jl. Mampang Prapatan No. 2 Pancoran, Jakarta Selatan, Indonesia (diinterpretasikan termasuk segala perubahan pada kantor pusat sebagaimana mungkin terjadi dari waktu ke waktu) dengan tunduk terhadap persyaratan berikut:
    1. Arbitrase akan dilakukan dalam bahasa Indonesia;
    2. Tempat arbitrase di Jakarta, Indonesia;
    3. Menggunakan aturan arbitrase (arbitration rules) BANI; dan
    4. Arbitrase akan diputuskan oleh 1 (satu) orang arbiter.

 

K.    PEMBERITAHUAN DAN KONTAK

  1. Setiap komunikasi yang dibuat berdasarkan atau sehubungan dengan Syarat & Ketentuan ini wajib dibuat secara tertulis dan, kecuali dinyatakan lain, dapat dilakukan melalui email dan/atau whatsapp resmi.
  2. Alamat dan departemen atau petugas, jika ada, yang menjadi tujuan ketika melakukan komunikasi dari masing-masing Pihak untuk setiap komunikasi atau dokumen yang akan dibuat atau disampaikan di bawah atau sehubungan dengan Syarat & Ketentuan ini adalah sebagaimana diunggah oleh Pengguna dalam Platform Tata Skola, atau alamat pengganti atau departemen atau petugas mana pun yang dapat diberitahukan oleh salah satu Pengguna atau Tata Skola yang tidak kurang dari 5 (lima) hari kerja.
  3. Komunikasi atau dokumen apa pun yang dibuat atau dikirim oleh satu orang ke orang lain di bawah atau sehubungan dengan Syarat & Ketentuan ini hanya akan berlaku, jika melalui surat, ketika telah dibiarkan di alamat yang relevan atau 5 (lima) hari kalender setelah disimpan dalam prangko pos prabayar dalam amplop yang ditujukan kepada alamat tersebut.
  4. Komunikasi sebagaimana dimaksud pada Klausul K nomor (1) dapat dikirimkan secara elektronik melalui e-mail hello@tataskola.id atau secara fisik ke alamat Tata Skola Gedung Galeri Ling Brothers | JL. Suryopranoto No 67 A, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat – 10160.
  5. Penyampaian informasi melalui whatsapp sebagaimana dimaksud pada Klausul K nomor (1) dari Platform Tata Skola hanya berasal dari nomor 089501025878.